peran mahasiswa dalam kepedulian lingkungan







 Pemateri muslikha nourma rhomadhoni, s. Km., m. Kes 

peran mahasiswa dalam kepedulian lingkungan dalam kesehatan dan perwujudan Indonesia emas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mahasiswa mempunyai peran sebagai agent of change atau agen perubahan. Mahasiswa diharapkan membawa pergerakan perubahan ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, mahasiswa menempuh perguruan tinggi dan hendaknya mereka bersungguh-sungguh dalam mencari, menelaah, serta memperdalam ilmu. Segala sesuatu yang dipelajari di perguruan tinggi akan bermanfaat apabila dapat mengaplikasikan dengan membantu memecahkan permasalahan masyarakat untuk kehidupan yang lebih maju. Banyak kegiatan yang bisa mahasiswa lakukan demi mewujudkan peran agent of change, utamanya aktivitas terkait isu lingkungan.

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ - ٤١

41. Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) 


Dalam rangka meningkatkan peran mahasiswa dalam membawa perubahan lingkungan utamanya mengajak masyarakat umum, maka membutuhkan kecerdasan mahasiswa melalui pemanfaatan sosial media. Tentunya, sosial media juga sudah populer di kalangan masyarakat baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa bahkan lanjut usia. Dari adanya teknologi canggih ini diharapkan mahasiswa yang dianggap melek teknologi bisa menggunakan secara bijak untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar, khususnya sampah. Solusi yang ditawarkan berupa membuat konten edukatif yang secara tidak langsung memunculkan daya tarik tersendiri. Tentunya solusi tersebut akan mendapatkan manfaat dari masyarakat dan mahasiswa itu sendiri, karena mahasiswa bisa meningkatkan softskill. Meskipun aksi tersebut dapat dikatakan sederhana, tetapi bisa membawa perubahan untuk dunia yang lebih baik.


https://unusa.ac.id/ 





#PKKMB2023 #PKKMBUNUSA2023 #GenerasiPERFECTUnusa #unusaofficial #kampusterbaik #UNUSA #MahasiswaUnusa #RahmatanLilAlamin 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKULTAS, PROGRAM STUDI DAN AKREDITASI Di UNUSA SURABAYA

Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka